News & Promotions

6 TRADISI IMLEK DAN MAKNA MENARIK DI DALAMNYA

6 TRADISI IMLEK DAN MAKNA MENARIK DI DALAMNYA

Tahun Baru Imlek biasanya dirayakan tak lama setelah perayaan Tahun Baru Masehi. Cukup banyak tradisi beserta ritual yang dilakukan dalam rangka menyambut hari raya yang berasal dari negeri Tiongkok itu. Apakah Centroholic mengenal kisah dan makna di dalamnya? Mari kita bahas satu per satu.

  1. Warna Merah
    Warna yang mendominasi tiap perayaan Imlek ini dipercaya sebagai lambang kekuatan dan keberuntungan. Selain itu, warna merah juga dipercaya dapat mengusir monster buas dasar laut bernama Nian yang keluar saat musim semi atau tahun baru Imlek untuk mengganggu manusia, terutama anak kecil.

  2. Bersih-Bersih Rumah
    Tradisi ini dilakukan menjelang perayaan untuk menjauhkan segala aura negatif dan keburukan. Namun perlu diingat, kegiatan bersih-bersih ini justru perlu dihindari pada saat hari perayaan, karena dipercaya dapat membuang keberuntungan yang akan datang mengisi sepanjang tahun.

  3. Angpao dan Kebersamaan
    Serupa dengan hari raya Lebaran, perayaan tahun baru Imlek diisi dengan kegiatan mengunjungi sanak saudara untuk bersilaturahmi. Angpao pun menjadi salah satu elemen yang tidak terlewatkan. Kegiatan berbagi rezeki oleh mereka yang sudah berkeluarga kepada anak-anak dan orang tuanya ini pun memiliki beberapa aturan dan pantangan sendiri, salah satunya yakni bilangan uang yang diberikan tidak boleh mengandung angka empat. Dalam bahasa Mandarin, angka empat serupa pengucapannya dengan kata "mati". Selain itu, hindari memberikan dalam jumlah ganjil karena dianggap berhubungan dengan kematian.

  4. 12 Hidangan Khas
    Makanan khas seperti kue keranjang dan buah jeruk yang melambangkan kemakmuran merupakan jenis hidangan wajib yang selalu ada di tiap perayaan Imlek. Biasanya, jumlah makanan yang dihidangkan pun berjumlah 12 untuk melambangkan 12 macam shio sesuai tradisi Tionghoa. Tak hanya itu, bubur menjadi salah satu makanan yang paling dihindari karena identik dengan kesusahan.

  5. Barongsai
    Sesuai kepercayaan Tiongkok, hewan legenda naga dipercaya sebagai pembawa kebahagiaan dan nasib baik, juga pengusir roh-roh jahat. Karena itu, menonton atraksi barongsai pun menjadi tradisi tak terlewatkan, berikut kegiatan memberikan angpao ke dalam mulut barongsai sebagai penanda permulaan kebaikan di tahun yang baru.

  6. Kembang Api
    Selain meriah dan ramai, permainan kembang api di tahun baru dipercaya dapat menghilangkan nasib buruk di tahun sebelumnya, serta mengusir berbagai roh jahat, termasuk Nian tadi.

    Menarik, bukan? Saatnya menyambut keberuntungan di tahun yang baru dengan penuh kegembiraan dan kisah-kisah penuh makna.

Related News & Promotion

KINI HADIR CENTRO ICON MALL GRESIK

News - 1 Nov, 2018

KINI HADIR CENTRO ICON MALL GRESIK

Gresik, Oktober 2018 – Centro Department Store memperluas jangkauan dengan membuka store baru yang berlokasi

Read More

L'OREAL INFALLIBLE PRO MATTE

Promotions - 22 May, 2018

L'OREAL INFALLIBLE PRO MATTE

Untuk Anda yang ingin tampil maksimal, miliki segera L'oreal Infallible Pro Matte Foundation yang tahan

Read More

NEW REVLON ULTRA HD

Promotions - 22 May, 2018

NEW REVLON ULTRA HD

Get the new high-definition, lightweight color with NEW Ultra HD Gel Lip Color available at

Read More

Prev Next
Loading Loading